HARI SHOWA DI JEPANG || KARTU UCAPAN AQIQAH

 

Tahukah kalian? Ada satu hari di dalam satu tahun yang menjadi spesial di Jepang. Bukan hari kemerdekaan atau apapun itu. Disebutnya Hari Showa di Jepang.

Jadi, apa itu Hari Showa? Dan bagaimana penduduk Jepang melewati hari Showa biasanya?

Hari Showa merupakan salah satu hari libur nasional yang ditetapkan oleh undang-undang. Menurut materi "Hari Libur Nasional" Kantor Kabinet, Hari Showa adalah "Menengok kembali era Showa, yang dibangun kembali setelah hari-hari yang penuh gejolak, dan memikirkan masa depan negara".

Hari Showa awalnya adalah hari ulang tahun Kaisar Showa. Sebelum perang, itu disebut "Tenchobushi", dan setelah perang itu menjadi "Ulang Tahun Kaisar". Namun karena berbagai faktor seperti runtuhnya Kaisar Showa pada tahun 1989 dan pergantian tahun dari Showa ke Heisei, maka hari lahir Kaisar menjadi berbeda.

Setelah itu, nama "Emperor's Birthday" diubah menjadi "Green Day", tetapi agar tidak melupakan era Showa yang bergejolak, undang-undang tentang hari libur nasional direvisi, dan dari 2007 hingga 29 April, "Showa" Nama tersebut diubah menjadi "Day of the Day" dan baru ditetapkan sebagai hari libur nasional di Jepang.

Hari libur, termasuk Hari Showa, dulunya adalah hari-hari ketika festival Shinto diadakan dan acara penting kekaisaran dirayakan. Namun, karena revisi undang-undang setelah perang, tampaknya hari ini telah menjadi hari untuk menumbuhkan adat istiadat Jepang yang indah dan memimpin masyarakat yang lebih baik dan kehidupan yang lebih kaya.

Oleh karena itu, tanggal 3 November, hari lahir Kaisar Meiji, adalah hari untuk merayakan hari lahir Kaisar di era Meiji, tetapi sekarang menjadi hari libur "Hari Budaya". Karena ulang tahun Kaisar Taisho adalah 31 Agustus, mungkin dia tidak berani menjadikannya hari libur karena saat itu liburan musim panas.

Karena adanya revisi undang-undang tersebut, tampaknya hari lahir kaisar tidak serta merta menjadi hari libur Jepang.

Era Showa adalah masa ketika Jepang melakukan lompatan besar dan mengubah tidak hanya politik tetapi juga kehidupan masyarakat sebagai akibat dari periode pertumbuhan ekonomi yang tinggi setelah periode pascaperang yang panjang dan menyakitkan.

Oleh karena itu, banyak orang yang memiliki perasaan khusus terhadap "Showa", dan sepertinya itu berarti mereka tidak akan melupakan pergolakan era Showa di hari Showa.

Perbedaan antara Hari Showa dan green day (midori day)

Hari Showa dan Midori Day berbeda satu sama lain karena adanya revisi undang-undang. Saat ini Hari Showa jatuh pada 29 April dan Midori Day adalah 4 Mei.

Hal ini tampaknya terkait dengan amandemen sebagian dari Undang-Undang Hari Libur Nasional.

Menurut materi Kantor Kabinet "Status Kegiatan Yang Mulia Kaisar dan Kasus Pemerintahan Masa Lalu, dll.", Hari Showa adalah 29 April, yang merupakan hari lahir Kaisar Showa, tetapi pada 7 Januari 1989 Dijelaskan bahwa kaisar yang sedang memerintah pada saat itu bertahta karena runtuhnya kaisar.

Oleh karena itu, hari libur tanggal 29 April yang bukan lagi hari lahir kaisar biasanya jatuh pada hari biasa, tetapi pemerintah tidak menghapus hari libur tersebut, tetapi merevisi sebagian undang-undang tentang hari libur nasional, dan tanggal 29 April. Sepertinya hari itu diberlakukan sebagai hari hijau.

Undang-undang tentang hari libur nasional telah diubah lebih lanjut dan diubah menjadi nama "Hari Showa" pada Januari 2007. Sedangkan Midori Day adalah hari libur nasional pada tanggal 3 Mei yaitu Hari Konstitusi, 4 Mei adalah Hari Midori, dan 5 Mei adalah Hari Anak, karena pertimbangan nasional bahwa Golden Week bukan merupakan hari libur berturut-turut.

Hari Showa dan green day memiliki arti dan asal yang berbeda.

Hari Showa bisa dikatakan sebagai hari untuk mengenang peristiwa Showa dan memikirkan masa depan negara.

Di sisi lain, Midori no Hi berarti "mendekati alam, menghargai manfaatnya, dan memelihara hati yang kaya", dan konon dinamai menurut Kaisar Showa, yang mencintai alam.

Dengan kata lain, dapat dikatakan Green Day adalah hari bersentuhan dengan alam dan menghargainya sekaligus mensyukuri nikmat alam. Di hari hijau tanggal 4 Mei, terdapat fasilitas seperti kebun binatang, akuarium, dan taman yang menawarkan tiket masuk gratis sehingga Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan alam dan satwa.

Seperti yang Anda lihat, Hari Showa dulu disebut sebagai Hari Midori, tetapi sekarang tampaknya bukan hanya tanggalnya yang berbeda, tetapi makna, asal, dan cara pengeluarannya juga berbeda.

Jadi, Hari Sdhowa di Jepang ini dulunya berkaitan dengan Ulang Tahun Kaisar Jepang.

Kalau ulang tahun pasti berhubungan erat dengan kue ulang tahun dan kartu ucapan kan?

Begitu pula dengan Aqiqah loh!



KARTU UCAPAN AQIQAH

Kartu Ucapan Aqiqah kini tersedia di Nurul Hayat!

Nurul Hayat menyediakan Kartu Ucapan Aqiqah dengan format yang bagus banget! Menariknya lagi, Kartu Ucapan Aqiqah ini bisa diunduh secara gratis loh! Selain itu, bisa diubah-ubah template-nya, diganti format penulisannya, dan dibuat sesuai dengan selera kita.

Ayo download Kartu Ucapan Aqiqah nya ya!

Aqiqah Nurul Hayat

Comments

Popular posts from this blog

ACARA AQIQAH SESUAI SUNNAH KERTOSONO

Aqiqah Pulo Ampel Serang Terbaik Pilihan Artis

KAMBING AQIQAH SUMEDANG